Langsung ke konten utama

Hortensia, Si Cantik yang unik




VERIKSAPUTRA.com Hortensia atau Bunga Bokor tumbuhan yang bernama latin Hydrangea itu sudah lama tumbuh di pekarangan rumah. Si Cantik  yang sebagian besar spesiesnya berasal dari Jepang dan Tiongkok itu lebih suka iklim sejuk, namun masih dapat tumbuh dan berbunga dengan iklim tropis indonesia, termasuk di tempat saya, di kecamatan Salopa, Kabupaten Tasikmalaya - Jawa Barat.

Mudah Tumbuh
Bunga Hortensia  menyukai tempat yang sejuk, ia juga tanaman yang mudah tumbuh. Di tempat yang sesuai, ia akan tumbuh dan berbunga dengan baik. Bahkan di tempat yang kurang sesuai pun ia masih dapat tumbuh, meskipun tanaman dan bunganya tidak terlalu besar bahkan tidak sedikit yang jarang berbunga. Perbanyakannya pun terbilang mudah, dengan stek batang. Memotong batang pohon Hortensia dengan panjang 20-30 cm lalu menyemainya dalam polybag kecil. Dengan media tanam campuran Tanah + Kompos + dan arang sekam dengan perbandingan 2:2:1 dan melakukan penyiraman 2 kali sehari, Pagi dan Sore maka dalam waktu 2 minggu tunas baru akan muncul.

Bunga Yang Unik
Berbentuk bulat dengan bunga yang menyerupai sarang lebah. Terdiri dari bunga-bunga kecil yang membentuk kuntum yang merapat saat mekar, bunga Hortensia bisa mencapai diameter 30 cm atau sebesar kepala orang dewasa.
Dengan bentuk yang cantik, warna bunga Hortensia ini juga bermacam-macam. Mulai dari warna biru, biru kemerah-merahan, biru ke unguan,  hijau muda, hijau kebiruan, merah muda, merah kebiruan, putih kemerahan dan masih banyak lagi tergantung dari spesiesnya. Uniknya bunga tersebut berubah warna dengan selang waktu seminggu sekali dan tergantung dengan kondisi pH tanahnya.
Jadi di ga bakalan bosen lihat bunganya... :)

Komentar